Selasa, 20 November 2012

10 Mindset SALES SuperStar


10 Api
Berikut adalah 10 pola pikIr, yang merupakan kompilasi dari tiga sales superstar (Allan Domb, Marc mc ever, dan John Leahy)

Pertama, para Sales Superstar menekankan betapa pentingnya hubungan dengan pelanggan. Sehingga relasi merupakan hal mutlak dilakukan sebelum transaksi penjualan maupun paska penjualan. Karena hal inilah yang menjadikan penjualan berlipat ganda, karena referensi  yang diberikan dari para pelanggannya.


Kedua, Sales Superstar bukan berpusat pada menjual produk, melainkan pada solusi. Karena pada hakikatnya pelanggan membeli produk karena adanya suatu masalah yang harus dipecahkan. Oleh karena itu, solusi adalah hal mutlak yang selalu menjadi bagian dalam proses bekerja. Solusi akan diperoleh melalui kreativitas  dan fleksibilitas.

Ketiga, Pelanggan mengasosiaikan bahwa para salesman itu bukanlah pengganggu, pengacau, tidak bertindak terlalu agresif dan terkesan memaksa, sehingga pelanggan betul-betul menikmati hubungan bisnis.

Keempat, Para Sales Superstar merupakan sosok orang-orang yang energik, punya optimism tinggi, dan betul-betul mencintai profesinya, sehingga mereka tetap memperoleh kepuasan tak terhingga dari setiap transaksi penjualan, tanpa memperhitungkan nilai yang diperolehnya.

Kelima, Sales Superstar memiliki prinsip, bahwa apa yang dilakukan adalah merupakan inisiatifnya, bukan paksaan dari pimpinan. Serta memiliki prinsip, bahwa sukses sangat tergantung pada dirinya sendiri, bukan karena orang lain!

Keenam, berakhirnya tugas sebagai Sales Person bukanlah ditentukan oleh jam kantor resmi. Jam kerja dari Sales person adalah seberapa lama dapat berinteraksi dengan para pelanggannya, sehingga semakin lama waktu bersama para pelanggan maka potensi penjualan pun akan semakin besar dan sukses pun lebih mudah diraih. Inilah harga yang harus dibayar untuk sebuah sukses, dengan etos kerja yang berbeda dari kebanyakan orang lain.

Ketujuh, Sales Persons yang bermental juara selalu akan melakukan instropeksi diri  di dalam setiap perbedaan sasaran yang ingin dicapai. Maka tujuan utama dari hidupnya adalah visi dan misi yang akan dievaluasi untuk mengetahui perkembangan yang telah dilakukan.

Kedelapan, jiwa Sales Superstar adalah bermental pantang mundur. Namun tetap menjaga agar dirinya tidak mendapat stempel pengganggu bagi pelanggannya.

Kesembilan, perencanaanya 50% menuju sukses.Etos kerja seperti inilah yang selalu dipegang teguh sebelum menemui para pelanggannya. Sehingga setiap pertemuan selalu diawali dengan rencana yang matang, persiapan yang baik dan dukungan data serta informasi  yang lengkap.

Kesepuluh, Sales Superstar memiliki integritas dan dedikasi yang unggul, sehingga seorang Sales Superstar enggan untuk menonjolkan diri atau merasa sebagai jagoan. Sifat ini  yang menjadikan dirinya selalu sebagai anggota  Tim  yang sangat disenangi, dan dapat diterima keberadaannya.
Selamat mencoba, dan percayalah bahwa kesuksesan itu ada pada diri Anda.

**Ceritanya lagi rapi-rapiin file2 di hardisk yang-biasa- dah mulai penuh...., Eh nemu file lawas ini. Terus dibaca, kepikiranya; Ah...  bagus juga di share nih.... Semoga bermanfaat.


Sumber: Mindiarto Djugorahardjo, Majalah Marketing, Agustus 2009


Tidak ada komentar: